Halo kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai jailbreak IOS 10.x iphone 32 bit. Sebelumnya bagi temen-temen yang belum tau mengenai apa sih jailbreak itu mari kita bahas sama-sama.

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak sendiri merupakan suatu teknik yang membuat iDevice temen-temen seperti iPhone dan iPad memiliki kebebasan yang lebih. Seperti namanya, Jailbreak bisa diartikan sebagai “merusak penjara”. Sangat cocok untuk menggambarkan iOS yang kaku dan penuh batasan.

Dengan melakukan jailbreaking, temen-temen akan bisa memiliki kendali lebih banyak terhadap iPhone dan iPad seperti menambah fitur, tweak, tema, dan lain sebagainya. Bahkan sudah banyak fitur yang belum hadir di iOS bisa dilakukan di jailbreak ini.

Contoh sederhana adalah tema. temen-temen tidak akan pernah bisa mengubah tema di iDevice seperti iPhone dan iPad. Mengubah tema iPhone hanya bisa kamu lakukan sebatas mengganti wallpaper saja.

Dengan jailbreak, temen-temen bisa menggunakan beragam tweak dan tema yang tidak akan pernah kamu temukan di iOS tanpa jailbreak. temen-temen tidak akan bisa menemukan aplikasi tema di App Store karena developer aplikasi tidak diizinkan oleh Apple membuat aplikasi yang mengubah sistem terlalu jauh.

Tentunya banyak hal lagi yang bisa dilakukan ketika kita menjailbreak iDevice kita. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, temen-temen harus mengerti dulu resiko yang akan temen-temen tanggung antara lain:

  1. Garansi yang tidak berlaku lagi
  2. Dengan membuka batasan IOS tentunya akan banyak program-program yang dapat merusak iDevice kita, maka dari itu temen-temen harus berhati-hati ketika akan menginstal app.
  3. Tentunya harus sabar dan teliti dalam melakukan jailbreaking karena jika tidak maka kemungkinan besar gagal dan harus direstore ulang.
  4. Yang terakhir tentunya resiko ditanggung sendiri yaa 🙂

Langkah-langkah

iDevice yang mendukung jailbreak ini:

  • Iphone 5
  • Iphone 5C
  • iPad (4th generation)

IOS yang mendukung:

  • 10
  • 10.0.1/10.0.2/10.0.3
  • 10.1
  • 10.1.1
  • 10.2
  • 10.2.1
  • 10.3
  • 10.3.1
  • 10.3.2
  • 10.3.3


Pertama-tama siapkan bahannya:

  • Cydia Impactor dapat didownload di laman resminya di sini.
  • H3lix merupakan aplikasi jailbreak yang akan kita sisipkan pada iDevice kita. download di sini.

Masuk ke langkah-langkahnya:

  1. Download bahan yang dibutuhkan.
  2. Pastikan sebelumnya sudah ada iTunes yang terinstall pada komputer Komputer/PC/Laptop.
  3. Install Cydia Impactor di Komputer/PC/Laptop.
  4. Buka Cydia Impactor dan hubungkan iDevice temen-temen ke Komputer/PC/Laptop dengan menggunakan kabel data.
  5. iDevice temen-temen akan terdeteksi. Drag file IPA jailbreak h3lix yang telah diunduh tadi ke UI-nya. Cydia Impactor. Masukkan ID dan kata sandi Apple ketika diminta, dan tunggu Cydia Impactor melakukan sideload aplikasi.
  6. Setelah h3lix berhasil diinstall. buka Pengaturan menuju ke Pengaturan> Umum> Profil & Manajemen Perangkat. Klik profil yang terkait dengan aplikasi jailbreak h3lix. Klik Percayai Aplikasi.
  7. Jalankan aplikasi h3lix Jailbreak, dan klik tombol Jailbreak untuk memulai proses jailbreak.
  8. Setelah selesai, iDevice akan melakukan respring dan temen-temen akan melihat Cydia di layar Utama iDevice temen-temen.
  9. Selamat, iDevice temen-temen sekarang sudah di-jailbreak!

 

Bagaimana Cara Kerja Jailbreak Semi-Untethered?

Jailbreak semi-untethered, yang berarti bahwa ketika iDevice temen-temen restart, jailbreak akan dinonaktifkan. Temen-temen tidak dapat menggunakan tweak jailbreak yang temen-temen pasang dan Cydia akan crash ketika diluncurkan. Untuk melakukan jailbreak kembali, cukup buka aplikasi jailbreak h3lix dan lakukan jailbreak lagi. iDevice temen-temen akan kembali ke kondisi jailbreak.

Kapan Aplikasi Jailbreak h3lix Berakhir & Bagaimana Temen-temen Membaruinya?

Jika temen-temen memasang aplikasi h3lix dengan ID Apple gratis, temen-temen akan memiliki masa kedaluwarsa setelah 7 hari. Jadi temen-temen harus menginstalnya kembali melalui Cydia Impactor untuk memperpanjangnya selama 7 hari lagi. Langkah-langkahnya sama seperti yang dijelaskan di atas. Perlu diperhatikan bahwa temen-temen memerlukan aplikasi Jailbreak h3lix hanya ketika temen-temen ingin kembali menjailbreak iDevice temen-temen setelah me-reboot iDevice, jadi selama iDevice tidak melakukan reboot walaupun masa kadaluarsa aplikasi telah habis, jailbreak akan tetap berjalan.

Sekian artikel dari saya, bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah yaa :). Terimakasih banyak sebelumnya 🙂